Wednesday, December 29, 2010

Makalah Pendidikan Desain Intruksional “Penelitian Berbasis Kelas”

"Makalah Pendidikan"

Desain Intruksional “Penelitian Berbasis Kelas”

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Merupakan tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai mengenai sesuatu perbedaan antara evaluasi dengan pengukuran yang bersifat kuantitatif.

1.2 Rumusan Masalah
1. Apa pengertian penilaian berbasis kelas?


2. Apa saja prinsip-prinsip penilaian berbasis kelas dan apa saja bentuk-bentuknya?

1.3 Tujuan Penulisan
1. Untuk mengetahui penilaian berbasis kelas
2. Agar mahasiswa/i mengetahui tentang penilaian berbasis kelas
3. Sebagai tugas yang diberikan oleh Ibu Huda.

BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Pengertian Penilaian Berbasis kelas
Penilaian berbasis kelas adalah merupakan suatu proses pengumpulan hasil belajar siswa dengan menerapkan prinsip-prinsip penilaian, pelaksanaan berkelanjutan bukti-bukti Autentik, akurat, dan konsisten. Manfaat penilaian bagi guru adalah guru akan mengetahui perkembangan hasil belajar, intelegensi, bakat khusus, minat, hubungan sosial, sikap dan kepribadian guru, penilaian kelas adalah proses pengumpulan dan penggunaan informasi oleh guru untuk memberikan nilai terhadap hasil belajar siswa berdasarkan tahapan kemajuan belajarnya sehingga di dapatkan potret/profil kemampuan siswa sesuai dengan daftar kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum.

2.2 Pengertian Portofolio
Portofolio adalah kumpulan pekerjaan seseorang yang merupakan suatu kumpulan atau berkas bahan pilihan yang dapat memberikan informasi bagi suatu penilaian.
Tujuan penilaian portofolio ada sebagai berikut:
1. Mengahargai perkembangan yang dialami siswa
2. Meningkatkan efektivitas proses pengajaran
3. membantu siswa dalam merumuskan tujuan

Langkah-langkah penilaian portofolio sebagai berikut:
1. Menentukan waktu dan menyelenggarakan rukun pertemuan portofolio
2. Menentukan kriteria penilaian yang digunakan
3. memastikan bahwa siswa memiliki bakat portofolio

Agar penilaian portofolio obyektif, maka guru perlu mengembangkan rubrik yakni semacam kisi-kisi pedoman penilaian
2.3 Prinsip-prinsip Penilaian Kelas
1) Prinsip umum terbagi menjadi 4 macam validitas logis terdiri dari:
a. Validitas Isi
b. Validitas Konstruksi
c. Validitas “Ada Sekarang”
d. Validitas Prediksi

2) Prinsip Khusus
Selain khusus memenuhi prisip-prinsip umum penilaian berbasis kelas juga harus memenuhi prinsip khusus sebagai berikut:
o Apapun jenis penilaiannya, harus memungkinkan adanya kesempatan yang terbaik bagi siswa.

2.4 Bentuk-bentuk penilaian Berbasis kelas
Bentuk atau jenis penilaian kelas yang dikembangkan pada kurikulum KBK 2004 yang disempurnakan tahun 2005 meliputi:
1. Penilaian Tertulis
Ada beberapa tujuan yang bentuk di capai penilaian melalui tes sebagai berikut:
a. Mendiagnosa siswa
b. Menilai kemampuan siswa
c. Memonitoring standar penialaian
2. Unjuk Kerja dan
3. Produk

1. Penilaian Acuan Patokan (PAP)
Penilaian Acuan Patokan (PAP) adalah penilaian yang diacukan kepada kompetensi dasar dan indikator pembelajaran yang harus dikuasai oleh siswa.


Penilaian Acuan Kelompok (PAK)
Penilaian Acuan Kelompok sering disebut juga dengan Penilaian Acuan Norma. Penilaian acuan Kelompok adalah penilaian yang diacukan kepada rata-rata kelompoknya.

Penilaian Acuan “Nilai” (PAN)
Penilaian acuan nilai adalah penilaian yang didasarkan pada sistem nilai yang berlaku pada masyarakat dimana siswa bertempat tinggal.
PAN ini digunakan dengan asumsi bahwa:
a. Manusia pada dasarnya memiliki fitrah baik dan fitrah ber-Tuhan.
b. Pendidikan mampu mengembangkan potensi fitrah baik dan fitrah ber-Tuhan tersebut pada diri siswa
c. Nilai baik dan buruk dalam agama yang bersumber dari Tuhan Allah SWT melalui Al-Qur’an dan Hadits, bukan sesuatu yang berdiri sendiri, tetapi berkaiatan dengan iman, ilmu, dan amal

Penekanan penilaian Acuan Nilai didasarkan atas adanya proses perubahan siswa ke arah yang lebih baik, dimana siswa menyadari sesuatu “nilai” yang terkandung dalam pembelajaran dan kemudian nilai-nilai itu dijadikan suatu “sistem nilai diri”, sehingga pernyataan sikap, tingkah laku, dan perbuatan moralnya dalam menjalani kehidupan.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment