Tuesday, March 15, 2011

Makalah Pendidikan

1.1 Latar Belakang Masalah
Keberhasilan suatu pembelajaran ditunjukkan dengan dikuasainya materi pembelajaran, oleh siswa satu faktor keberhasilan dalam pembelajaran adalah kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. Keberhasilan biasanya diukur dengan tingkat penguasaan materi pembelajaran melalui nilai berupa tes dan partisipasi siswa selama proses pembelajaran berlansung.
Dalam pembelajaran matematika dan PKN yang menjadi hambatan ada.lah kurang profesionalnya guru daam merencanakan serta menyampaikan pembelajaran, sehingga bermuara pada rendahnya tingkat penguasaan materi pembelajaran.
Untuk meningkatkan partisipasi serta minat siswa dalam materi pembelajaran, maka penulis akan pelaksanaan perbaikan pembelajaran . khususnya matematika kelas V dan PKN kelas IV dengan melalui penelitian tindakan kelas ( PTK ) disamping untuk memperbaiki pelaksanaan perbaikan pembelajaran, juga tujuan untuk memenuhi tugas dalam mata kuliah pemantapan kemampuan profesional (PKP) pada program Sl PGSD.
Laporan ini disusun berdasarkan beberapa catatan yang dibuat ketika merancang kegiatan perbaikan pembelajaran, serta selama pelaksanaan observasi dan diskusi pada pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang dilakukan dalam 3 (tiga) siklus untuk masing- masing mata pelajaran matematika Kelas V dan Kelas IV.
Pembelajaran dicatat semuanya kejadian yang berlansung tentang persoalan yang terjadi dalam pembelajaran sehingga menjadi sebuah laporan sebagai tugas akhirdari mata kuliah ini.
Berkenaan dengan kurang berminatnya siswa pada mata pelajaran matematika dan PKN sehingga partisipasi siswa kurang aktif dan bermuara pada rendahnya penguasaan materi pelajaran.
a. Jarangnya siswa mengajukan pertanyaan
b. Tidak dapat memberikan tanggapan atas pelajaran guru
c. Kesulitan siswa dalam membuat kesimpulan, dan
d. Suasana kelas sering rebut atau siswa tidak begitu memperhatikan pelajaran.
Adapun penguasaan materi pelajaran dapat dilihat dari rendahnya pencapaian daya serap siswa (DSS), seperti pada mata pelajara.n matematika kelas V daya serapnya hanya 77 %, sementara pada mata pelajaran PKN kelas IV daya serapnya hanya 78 %.
Berdasarkan hal tersebut di atas, penulis meminta bantuan teman sejawat untuk mengidentifikasi kekurangan serta kelemahan dari pembelajaran matematika dan PKN antara lain:
a. Rendahnya tingkat penguasaan materi dari pembelajaran matematika dan PKN.
b. Sedikitnya siswa yang dapat menjawab pertanyaan guru
c. Tidak adanya alat peraga atau media bantu. d. Kurangnya pengelolaan kelas yang baik.
Berdasarkan hasil identifiksi masalah diatas, maka melalui hasil diskusi dengan supervisor dapat diketahui bahwa faktor penyebab rendahnya partisipasi siswa serta rendahnya penguasaan materi pelajaran matematika dan PKN oleh siswa adalah:
a. Metode pengajaran Guru terlalu monoton dan abstrak.
b. Tidak adanya peragaan atau media bantu.
c. Kurang termotovasinya siswa.
d. Tidak menguasai kelas.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas yang menjadi fokus perbaikan pada proses pembelajaran Matematika dan PKN adalah: bagaimana meningkatkan penguasaan siswa terhadap mated pelajaran yang tidak menarik melalui perancangan langkah-langkah dalam proses pembelajaran dengan penggunaan alat bantu pembelajaran dengan metode yang bervariasi."
1.3 Tujuan Perbaikan
Sesuai dengan rumusan masalah diatas yang menjadi tujuan penulisan laporan ini adalah untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran melalui perancangan langkah- langkah dalam proses pembelajaran yang menarik pengguanaan alat bantu pembelajaran dengan metode yang bervariasi.

1.4 Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini bermanfaat bagi semua pihak yang terkait dalam penyelenggaraan pendidikan di SD baik secara, langsung maupun tidak langsung. Pihak-pihak yang akan banyak mengambil manfaat dari hasil penelitian ini antara lain sebagai berikut:
1. Guru
Penyusunan laporan perbaikan pembelajaran ini bermanfaat bagi penulis sebagai salah satu kesempatan untuk meningkatkan keterampilan dalma menulis karya ilmiah. Selain itu, penulisan laporan perbaikan pembelajaran ini merupakan salah satu upaya pemenuhan mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional bagi Mahasiswa Strata I PGSD Universitas Terbuka.
2. Siswa
Siswa dalam penelitian ini adalah subjek penelitian yang akan mendapatkan perlakuan pembelajaran yang merupakan pembaharuan atau inovasi. Sehingga siswa secara langsung akan memperoleh manfaat beberapa perlakuakn pembelajaran yang optimal. Dengan demikian siswa diharapkan dapat mencapai ketuntasan dalam belajar, terutama tentang materi pengumuman dan gaya.
3. Sekolah
Guru sebagai pendidik di sekolah harus mampu merancang pembelajaran yang kreatif dan efektif. Penelitian ini adalah salah satu bentuk pembaharuan dan inovasi yang dapat dijadikan sebagai salah satu acuan bagi peneliti dan guru yang lainnya di sekolah untuk mengembangkan kearah pembelajaran yang lebih baik.

Itulah sedikit tentang
Makalah Penididikan
Semoga Posting tentang makalah pendidikan ini bermanfaat untuk Anda dan bisa membantu dalam penyelesaan tugas makalah pendidikan Anda.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment